CoP Forum Tenaga Ahli Pembangunan Ekonomi Hijau Sumatera Selatan


Kategori:

Bertempat di Aula Rektorat Universitas IBA , Selasa (4/4)  Forum Tenaga Ahli Pembangunan Ekonomi Hijau melaksanakan Community of Practice (COP) tentang Tagging Program dan Lokasi Prioritas Rencana Aksi Daerah. Karlin Agustina selaku penyelenggara kegiatan ini menjelakan bahwa tujuan kegiatan ini sebagai upaya pemantapan materi Training SKPD/ sekarang disebut OPD (Organisasi Perangkat Daerah) Kabupaten Musi Banyuasin yang akan diselanggarakan di Hotel Santika pada tanggal 6-7 April 2017 mendatang. Kegiatan CoP ini merupakan upaya sharing potensi dari masing-masing anggota sesuai dengan bidang keilmuan dan keahliannya. Sebelumnya anggota FTA telah melakukan pelatihan yang dinamakan Pelatihan Pemilihan Prioritas Program dan Penentuan Wilayah Prioritas terhadap OPD Kabupaten Musi Rawas pada tanggal 30-31 Maret 2017 bertempat di Hotel Santika Palembang dengan Narasumber/ Fasilitator Ir. Ruli Joko Purwanto, M.P (Anggota FTA dari Universitas IBA), Dr. Dewi Meidalima, M.Si. (Anggota FTA dari Stiper Sriwigama) dan Noril Milantara, S.Hut., M.Si. (UMP).

Ia menjelaskan bahwa  Forum Tenaga Ahli Pembangunan ekonomi Hijau Sumatera Selatan tersidri dari ebanyak 20 orang yang berasal dari berbagai Perguruan Tinggi dan LSM/NGO. Forum Tenaga Ahli (FTA) ini dibentuk oleh ICRAF, dan ICRAF itu sendiri merupakan sebuah organisasi dunia yang berpusat di Nairobi, Afrika. FTA ini dibentuk dengan tujuan membantu pemerintah / pemerintah daerah. termasuk Sumatera Selatan dalam pembangunan hijau yang rendah emisi. Dari 20 anggota FTA tersebut, 4 (empat) orang diantaranya adalah tenaga dosen Universitas IBA, yaitu: Dr. Ir. Karlin Agustina, M.Si. (saat ini menjabat rektor UIBA), Ir. Ruli Joko Purwanto, M.P., dan Ir. Yursida, M.Si., serta Ir. Arifin, M.P.

Dalam kaitannya dengan keterlibatan  di forum ini, Karlin , yang  saat ini juga  menjabat sebagai Rektor Universitas IBA menegaskan bahwa  Green Campus   bukan hanya sekedar jargon di Universitas IBA, dapat dilihat dari Kampusnya yang memang bernuansa eco friendly, juga dalam pelaksanaan Tridarma Perguruan Tinggi, kegiatan belajar mengajar (termasuk dalam Tata Kelola dan Sistem Manajemen Mutu) mengarah ke digitalisasi melalui pemanfataan Teknologi Informasi sebagai upaya meminimalisir penggunaan kertas, dari segi penelitian pun tidak sedikit dosen dan mahasiswa yang melakukan penelitian di bidang lingkungan hidup, termasuk Pengabidan Masyarakat yang pro-lingkungan, salah satunya berperan aktif dalam  forum ini.

tags:
Kartika LestariKartika LestariShared publicly - 04/04/2017 15:47